Minggu, 21 September 2014

Sistem Informasi Manajemen

02.11

Mashaweer merupakan perusahaan layanan pribadi di Mesir. Layanan ini  didedikasikan untuk menghemat waktu klien yang bertindak sebagai asisten pribadi  selama 24 jam sehari. Asisten pribadi disini dimaksudnya adalah pengendara dengan sepeda motor yang menjalankan setiap tugas untuk klien baik individu atau korporasi pada waktu tertentu. Layanan yang paling umum yang mereka berikan adalah membeli bahan makanan atau barang lainnya dari toko, membayar tagihan, dan bertindak sebagai kurir. Keberhasilan  Mashaweer sangat bergantung pada fleksibilitas mereka, dan mereka sering menerima permintaan yang tidak biasa untuk mendapatkan dan memenuhi loyalitas pelanggan.
      Layanan mashaweer telah mencapai keberhasilan seperti di Alexandria dan Kairo, di mana lalu lintas adalah masalah, menyelamatkan orang salah satu komoditas yang paling berharga di luar sana. Layanan ini mampu memberikan orang yang lebih berkualitas untuk dapat menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman, bukannya mengurus tugas sehari-hari yang bisa memakan waktu sampai setengah hari. Mereka juga bertindak sebagai keamanan atau keselamatan, saat mereka melakukan tugas dalam waktu yang tidak aman, seperti larut malam. Kebanyakan orang tidak mampu memiliki asisten dalam waktu penuh untuk melakukan tugas mereka setiap kali diperlukan. Agen mashaweer ini bertindak sebagai asisten dalam waktu penuh untuk setiap individu dengan biaya paruh waktu.
Sejak  memulai perusahaan di Alexandria pada tahun 2010, Mashaweer memperluas ke Kairo dan mengoperasikan sekitar 600 order per hari. Mereka berencana untuk memperluas lebih jauh secara geografis di Mesir dan negara-negara lain di kawasan itu serta meningkatkan layanan yang mereka berikan.
Ide Mashaweer diciptakan oleh Mohammed Wahid dan kemudian didirikan dengan mitra Ahmed El Kordy dan Aly El Shazly . Mereka bertemu ketika mereka berdua dipindahkan dari sekolah yang berbeda untuk akademi IGCSE sekolah tinggi. Ahmed El Kordy menyelesaikan sekolah tinggi dalam 2 tahun dan melanjutkan gelar sarjana di bidang teknik industri dari akademi arab ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lulus pada tahun 2008. Bagian dari gelar sarjana dihabiskan melakukan satu tahun di luar negeri di Carleton universitas di Ottowa, Kanada selama musim panas, Ahmed menyelesaikan beberapa magang di UK  dan Irlandia, Mohammed Wahid juga pergi ke sekolah di AAST dan lulus pada tahun 2009 dengan gelar sarjana di bidang teknik konstruksi, ia kemudian pergi ke Alexandria universitas di mana dia belajar bisnis dan lulus pada tahun 2007 Setelah kuliah, Ahmed El Kordy pergi bekerja pergi dan untuk mendirikan sebuah perusahaan bernama x-perdagangan untuk perdagangan dan kontraktor, diikuti oleh sebuah perusahaan pemasaran dan periklanan yang disebut media yang hijau, saat ini, dia adalah pemegang saham utama di keduanya, selain menjadi wakil ketua menara hijau, sebuah perusahaan real estate dengan kekayaan bersih sekitar $ 16 juta.
Wahid memikirkan gagasan pembentukan Mashaweer sementara ia sedang mempersiapkan pernikahannya. Pengantinnya menjadi kewalahan dengan tugas yang dia harus lakukan dalam beberapa hari dan ia mulai bertanya-tanya apa yang akan dilakukan jika ia tidak mampu memiliki supir dengan waktu penuh  yang melakukan semua tugas untuknya. Sementara pada bulan madu, ia terus berpikir tentang ide ini, sehingga ia memutuskan untuk memanggil teman-temannya untuk mulai mengubah ide menjadi rencana bisnis yang sebenarnya. Setelah mengembangkan rencana bisnis, tiga pengusaha memutuskan untuk pergi ke tahap implementasi dan benar-benar membangun bisnis ini. Mereka mulai  dari kecil dan tumbuh secara organik karena permintaan untuk layanan ini meningkat. Masing-masing dari tiga pengusaha menginvestasikan $ 15,000. mereka mulai dengan hanya 3 sepeda motor, 6 pengendara dan hotline.
Sebagai tiga teman menyadari bahwa mereka benar-benar telah berhasil di Alexandria, mereka memutuskan ingin pindah ke tahap berikutnya dengan mendirikan Mashaweer di Kairo. Ketika mereka memperluasnya  ke Kairo, mereka memutuskan untuk mengadopsi strategi yang sama sekali berbeda. Mereka ingin dapat mencakup semua Kairo yang lebih besar, secara keseluruhan, dan bukan hanya daerah-daerah tertentu. Selama revolusi di Januari 2011 mereka mulai mengumpulkan riset pasar untuk memperluas di Kairo dan mulai investasi besar-besaran. Mereka membuat beberapa pembelian besar seperti sepeda motor dan ruang iklan untuk fraksi harga. Pengusaha melihatnya sebagai kesempatan untuk memulai pemasaran untuk bisnis mereka.Pada bulan maret mereka menyadari bahwa mereka perlu untuk meningkatkan investasi awal sehingga mereka dapat tumbuh cukup besar untuk menangkap pasar di Kairo. Untuk melakukannya, mereka membawa investor lain, terutama dari teman dan keluarga mereka, untuk meningkatkan modal investasi hingga $ 1.670.000. Mereka berencana untuk memasukkan Kairo dengan kekuatan penuh sehingga akan ada penghalang bagi pesaing, mereka memutuskan bahwa keunggulan kompetitif mereka harus berada dalam investasi di bidang teknologi. Mereka ingin mendapatkan ERP (enterprise resource planning). Untuk memperbaiki hal ini mereka mulai sendiri  dengan perusahaan teknologi informasi mereka, innov8 (berinovasi), di mana mereka menciptakan sebuah sistem yang disesuaikan  ERP, yang kemudian mereka terhubung ke PDA (personal digital assistant) mereka, melalui penerapan sistem komputasi awan yang dibuat oleh linkdotNEt dan Mobinil . Setiap pengendara menerima tugas satu per satu di PDA, yang juga termasuk GPS untuk memberikan petunjuk rinci lokasi GPS pengendara.
Untuk mengurangi biaya dan memastikan kualitas, Mashaweer tidak bergantung pada outsourcing dalam setiap tahap selama itu dapat melakukan pekerjaan kualitas yang sama. Hal ini menjelaskan mengapa mashaweer didirikan innov8 dalam rangka membangun sistem dan mengelola pekerjaan teknis. Sekarang mashaweer hanya memiliki bagian dari perusahaan ini dan merupakan salah satu dari banyak klien. Alasannya adalah untuk dapat memantau kinerja agen dan selalu bekerja pada peningkatan kualitas layanan pelanggan mereka. Investasi dalam contact center yang inovatif dan menggunakan cisco, yang mendukung hingga 300ip telepon, modul pelaporan dan sistem perekaman membuatnya lebih mudah bagi mashaweer untuk melacak panggilan yang diterima dan bekerja pada setiap masalah yang mungkin akan dihadapi agen layanan pelanggan.
Komponen perangkat lunak yang dikembangkan oleh innov8 termasuk server mashaweer, mashaweer API (programmer aplikasi interface) dan klien pda mashaweer.
Server mashaweer adalah aplikasi terpusat yang mengelola unsur-unsur berikut
- Order (penempatan, mengedit, harga, review, pelacakan dan laporan)
- Rute manajemen dan optimasi
- Klien (manajemen, laporan, diskon)
  Pelacakan Paket -
- Kontrak
- Call center
- Kantor satelit
- Perwakilan
- Transaksi Kas dan biaya pelacakan untuk perwakilan dan kantor satelit
- Pelacakan Aset kendaraan, PDA dan printer mobile
- Laporan Manajemen

API  adalah metode mengintegrasikan sistem pemesanan dengan pihak ketiga. Hal ini memungkinkan pihak ketiga untuk mengotomatisasi sistem pengiriman mereka dan mengintegrasikan dan intergrate mashaweer ke CRM / sistem yang  ada pengiriman mereka, membuka kesempatan yang luas untuk ekspansi bisnis.
Aplikasi mashaweer pda diinstal pada setiap PDA representatif dan mengelola unsur-unsur berikut:
- Order item kemajuan pelacakan
- Koleksi biaya pesanan dan biaya lainnya, terhadap faktur tercetak
- Paket penanganan (barcode scanning dan tujuan)
- Pesan
- Kas dan biaya pelacakan
- Data Sinkronisasi secara berkala dan setiap awal pergeseran

Ketika mashaweer pertama kali diperkenalkan di Mesir, ia menangkap 100 persen dari pangsa pasar untuk layanan tersebut, karena itu adalah pertama dan satu-satunya perusahaan jenisnya. Namun, pangsa pasar tidak menyadari, sehingga mulai tumbuh perlahan-lahan di Alexandria sampai orang-orang memahami ide dan harus terbiasa dengan fakta bahwa ada perusahaan yang dapat mengambil alih tugas Anda. Sebaliknya, ketika perusahaan mulai beroperasi di Kairo, itu tumbuh dengan kecepatan cepat mengejutkan. Ada beberapa faktor yang diperkirakan akan mempengaruhi target pasar dan memudahkan mashaweer untuk menembus agresif.
Pada awalnya, asumsi masyarakat adalah bahwa menggunakan mashweer terlalu mewah dan mahal. Ketika mereka menggunakannya untuk beberapa kali pertama, persepsi ini berubah dan mereka mulai mengandalkan layanan yang nyaman ini. Karena semakin banyak orang terbiasa dengan layanan, itu menciptakan perubahan budaya yang signifikan mempengaruhi permintaan layanan.
Faktor lain yang diharapkan dapat memfasilitasi kondisi kerja dan mengurangi biaya adalah kemajuan teknologi yang terjadi setiap hari. Mashaweer sangat tergantung pada alat-alat teknologi, dan akan mendapat manfaat dari kemajuan dan penurunan harga yang terus menerus terjadi. Akibatnya, biaya mashaweer akan menurun, memungkinkan untuk menurunkan harga dan lebih meningkatkan kualitas untuk menjadi lebih nyaman untuk jumlah yang lebih besar dari orang.
Mashaweer adalah satu-satunya perusahaan dari jenisnya di Mesir yang beroperasi pada skala ini. Namun, ada sebuah perusahaan bernama wassaly yang didirikan di Kairo setelah mashaweer  sukses di Alexandria. Perusahaan ini beroperasi pada skala yang lebih kecil. Pesaing langsung mereka termasuk jasa kurir lainnya. Namun, mereka telah memposisikan diri sebagai kurir fleksibel berbeda dengan kurir yang tersedia di pasar saat ini; mereka menawarkan pengiriman hari yang sama daripada pengiriman hari berikutnya. Mashaweer memiliki beberapa keuntungan lain yang membuatnya sangat sulit bagi orang lain untuk bersaing;
- Database ribuan klien setia.
- Investasi sendiri di dikelola
- Pengendara yang berkualifikasi dan hati-hati dipilih karena gaji tinggi            dibandingkan dengan sektor pengiriman di mesir.
- Berbagai aliran pendapatan.
- Menjadi pemilik itu mashaweer.
Mashaweer memiliki beberapa proposisi penjualan yang unik. Dua aspek utama adalah yang pertama di pasar dan satu-satunya dari jenisnya. Juga pembeda yang paling penting adalah fleksibilitas layanan mereka, yang membahas kebutuhan pelanggan mereka dan permintaan.
Tidak seperti pendatang baru atau peniru di pasar, mashaweer telah berinvestasi sangat dalam sistem yang mereka gunakan. Mereka berinvestasi dalam PDA untuk mengaktifkan proses operasi yang akan dimonitor secara akurat karena menyediakan data seperti GPS pelacakan untuk melacak setiap pesanan dan lokasi atau tahap utusan berada. Melalui teknologi ini, mashaweer menurunkan jumlah kesalahan karena fakta bahwa utusan terkait dengan proses otomatis di mana ia menerima tugasnya melalui handheld PDA. Sementara itu SCADA (supervisory control dan data akuisisi) sistem menyediakan pada layar besar akan tersedia di markas mashaweer untuk memantau semua perintah hidup dan mengukur lalu lintas dalam kasus jam sibuk, sehingga memungkinkan tim operasi untuk bereaksi dan mencoba preventif dan korektif tindakan.
Infrastruktur Mashaweer meliputi berikut ini. Peralatan Unit 130 sepeda motor dan mobil. Sistem solusi manajemen logistik dikembangkan khusus untuk Mashaweer, solusi ini terdiri dari portal berbasis web di mana agen call center, logistik, dan manajer dapat menambah, mengedit, lagu, dan melihat laporan.
PDA: PDa dikembangkan untuk terhubung ke server di lain untuk memungkinkan perwakilan Mashaweer untuk melihat dan memperbarui pesanan mereka, ditugaskan melalui layanan web xml berbasis. Kecuali untuk klien PDA, solusi didasarkan pada teknologi open source (php, codelgniter, mysql, jquery, ubuntu linux). Perangkat PDA akan menjadi faktor utama yang mengintegrasikan tim operasional dengan armada pengendara.
Peralatan: windows PDA ponsel yang digunakan untuk melihat dan memperbarui perintah bergerak. Setiap PDA dipasangkan ke printer ponsel Bluetooth untuk mencetak kuitansi. Printer ini juga dilengkapi dengan modul card reader menggesek sehingga dapat digunakan di masa depan untuk koleksi pembayaran kartu kredit, dan kartu promosi. Server Mashaweer adalah vm linux host pada solusi yang disediakan oleh innov8, perusahaan yang mengembangkan sistem teknologi informasi secara keseluruhan.
Kantor pusat: diputuskan untuk membeli markas baru bukan menyewa yang sudah ada.
Strategi Mashaweer masa depan adalah sebagai berikut:
Pasar Mashaweer: Pasar mashaweer adalah supermarket online yang akan memungkinkan orang untuk melakukan belanja mereka melalui website mashaweer dan mendapatkannya disampaikan oleh wakil-wakilnya dalam waktu 30 menit dari menempatkan pesanan. Ini akan dimungkinkan dengan memiliki akses ke sejumlah besar supermarket di sekitar Kairo dan Alexandria, sehingga perwakilan dapat memilih perintah dari outlet terdekat dan mengirimkannya kepada pelanggan secepat mungkin. Semua produk akan ditampilkan di website.
Mashaweer berharap untuk mencapai rata-rata 4000 perintah harian sebagai imbalan untuk biaya pengiriman per pesanan.
Call center: call center mashaweer diharapkan untuk membuat aliran pendapatan yang penting bagi perusahaan dalam waktu dekat, karena perusahaan mulai memperkenalkan kampanye pemasaran. Selain itu, mashaweer berencana untuk memperluas call center untuk memasukkan perusahaan lain selain mashaweer.

Ekspansi Geografis: menggunakan teknologi yang mereka telah berinvestasi dalam membangun infrastruktur mereka mashaweer sekarang memiliki potensi untuk dengan mudah masuk dan menembus pasar lain di berbagai daerah dengan biaya inisiasi yang sangat rendah. Mereka berencana untuk memperluas ke daerah lain di dalam mesir, selain memperluas ke negara-negara lain dalam timur tengah. Dalam Oktober 2013 mereka akan membuka waralaba pertama mereka di Beirut, Lebanon. Mereka juga mencari untuk memperluas ke beberapa negara di Teluk.



Lihat PPT di : PPT ( Case Study Questions) 

0 komentar:

Posting Komentar